20 Oktober 2009

Adakah Kesempatan

Adakah Kesempatan?

Valey mengeluarkan sebuah plastik hitam berisi bekal makan siang dari dalam tasnya. Lalu ia pun mengeluarkan kotak bekal dan meletakkannya di atas meja. Hari ini mamanya memasakkan makanan kesukaannya, yaitu nasi goreng special ala mama. Wah, nggak kebayang deh, gimana enaknya.

Tapi, ketika membuka kotak bekalnya itu, Valey kaget setengah mati.

“Kyaaaaaa, apa ini?“

Kotak bekalnya dipenuhi lalat, mungkin ribuan jumlahnya.”Siapa yang naro lalat di kotak bekal gua?“

“Gua.” Jawab sebuah suara yang sangat dikenal Valey. Suara orang yang paling dibenci Valey, siapa lagi kalo bukan?

“Stan? Ngapain lagi sih lu?”teriak Valey kepada seorang cowok bertampang imut yang sedang berdiri di depan pintu kelas.

Cowok itu tersenyum manis. ”Sorry, lu kan tau kalo gua ikut ekskul biologi, nah, sekarang gua lagi meneliti lalat. Lalat itu kan paling suka sama makanan. Nah, gua jadi penasaran, gimana kalo lalat dimasukin ke dalam kotak bekal yang isinya penuh dengan makanan? Apakah dia bakal hidup makmur? Tapi gua liat semua lalat di kotak bekal lu mati, kenapa, ya?”

“Tentu aja mati. Gimana nggak mati, lu masukin lalat begitu banyak ke kotak bekal gua, trus lu tutup rapet. Tuh lalat mana bisa hidup, orang di dalem nggak ada oksigen” kata Valey kesel.

“Oh, iya, bener juga ! Ternyata lu pinter juga, ya? Thanks, ya ! Akhirnya penelitian gua berhasil”ucap Stan sambil ketawa seneng.

“Iya, tapi gua nggak bisa makan, (#_-) !!” kata Valey sambil melempar kotak bekalnya itu ke arah Stan, biar dia makan tuh lalat sekalian.

Tapi sayang, Stan keburu lari keluar kelas. Valey pun duduk sambil melipat tangan dan memasang tampang kesel. Lalu dia mulai berpikir. Dulu Stan nggak begini, dulu dia baek banget sama Valey. Bahkan mereka udah PDKT dan tinggal selangkah lagi, mereka akan menjadi pasangan yang paling serasi di dunia ini. Itu sih menurut Valey, lho! Padahal, dulu Valey sangat amat suka sekali sama Stan, bahkan cowok ganteng mana pun nggak ada yang bisa menandingi Stan. Nggak ada satupun cowok laen yang dipandang sama Valey, bahkan dipandang sebelah mata pun enggak. Tapi sejak Stan kecelakaan waktu mo dateng ke pesta ultah Valey yang ke – 16 dua bulan yang lalu, dia mulai berubah. Sejak itu, Stan nggak lagi baek sama Valey, malah dia berubah jadi nyebelin. Dan yang paling nyebelin, waktu keluar dari rumah sakit, Stan nggak ngasih Valey kado. Gimana Valey nggak kesel?
Sejak itu, Stan jadi suka bertindak nggak wajar. Itu sih menurut Valey. Masa dia nyebar isu kalo Valey hamil, dan lagi, hamilnya itu anak kodok, katanya waktu praktek biologi, kodok yang bakal jadi bahan eksperimen Valey bertelur dan tanpa sengaja telurnya kemakan sama Valey karena waktu abis praktek Valey nggak cuci tangan. Coba pikir aja, mau dipikir pake otak sebelah mana juga nggak bakal ada yang percaya. Valey sendiri aja nggak percaya. Tapi, siapa sangka, sejak isu itu beredar, semua ngegosipin tuh isu, bahkan sampe – sampe, si Steven, tukang sapu sekolah pun tau gosip itu, dan dia ketawa – ketawa waktu ngeliat Valey. Gimana Valey nggak kesel coba?
Katanya sih, waktu kecelakaan itu, dokter bilang kepala Stan terbentur keras. Mungkin itu yang menyebabkan Stan jadi gi.la, begitulah anggapan Valey terhadap Stan sekarang. Bukannya Valey jahat atau kasar sampe ngatain tuh anak gila, tapi memang begitulah kenyataannya.
Kadang Valey berpikir, apa Stan nggak capek mikirin cara buat bikin dia kesel. Stan emang anak yang pinter dan kreatif, tapi jangan sampe ngerugiin orang gitu. Tapi, kalo dipikir – pikir lagi, emang gua pikirin? Pacar bukan, temen bukan, buat apa meres otak buat orang kayak gitu?

***

Sudah seminggu lebih si Stan gi.la itu nggak ngegangguin Valey, baguslah, mungkin ide – ide gilanya udah abis dipake, atau mungkin dia udah capek ngerjain Valey.

“Eh, Val, lu dah denger belon gosip terbaru?”tanya Nelly yang tiba – tiba dateng deketin Valey.

“Gosip apa lagi? O, ya, sekarang kan pelajaran biologi lagi praktek jangkrik. Jangan – jangan gosipnya gua hamil anak jangkrik lagi”jawab Valey.

“Bukan. Katanya si Stan kan mau pindah besok, sekarang dia lagi ngurusin surat – surat kepindahannya di kantor kepala sekolah” kata Nelly, si biang gosip di kelas Valey.

“Ih, sabodo teuing, mang gua pikirin? Bagus dia mo pindah, berarti Tuhan masih sayang ma gua, dia mo lenyapin orang gi.la yang selalu gangguin gua itu”jawab Valey cuek.

“Loh, Val, lu masih benci ma dia? Biar gimana pun juga kan dulu dia baek sama lu, bahkan dia sampe kecelakaan waktu mo ke pesta ultah lu, apa lu nggak merasa bersalah sedikit pun ma dia? Biar gimana dia kan dah mo pindah, yah ngomong kek sepatah atau dua patah kata perpisahan sama dia”

“Dih, dia yang kecelakaan, kok gua yang disalahin? Kan dia sendiri yang nggak bisa nyeberang. Lu ngomong begitu seakan – akan waktu kecelakaan itu gua yang dorong dia dari belakang”

“Yah, tapi lu jangan berpikiran negatif mulu, donk! Pikirin juga hal–hal positifnya, masa sih dia nggak pernah berbuat baek sama lu sekalipun? Padahal dulu gua liat lu deket banget ma dia, bahkan sampe digosipin pacaran segala”

Valey berpikir sejenak, bener juga kata Nelly. Nggak ada salahnya kalo Valey ngucapin kata – kata perpisahan buat orgil itu, kan setelah itu dia bisa hidup tenang.

“Ya udah, jangan cerewet, sekarang juga gua temuin dia, puas?”

Nelly cuman tersenyum karena misinya membujuk Valey telah berhasil. Valey pun berjalan menuju kantor kepala sekolah, tapi di tengah jalan, Valey melihat Stan lagi ngorek – ngorek tanah di bawah pohon gede di halaman samping lapangan basket.

“Ngapain tuh anak?” Valey bertanya – tanya.

Valey berdiri terpaku ngeliatin Stan yang lagi ngobok – ngobok. Trus dia mulai berpikir, wah, jangan–jangan gilanya kambuh, trus dia mulai bersikap kayak anji.ng, suka ngubur – ngubur tulang di bawah pohon. Bukannya Valey suka berpikir yang bukan – bukan, tapi menurut pengetahuannya yang didapet dari film kartun, kalo orang udah gi.a, kemungkinan tuh orang berlaku kayak hewan sangat besar.
Karena asyik mikir, Valey sampe nggak nyadar kalo Stan dah nggak ada di bawah pohon. Wah, kemana dia? Valey jadi penasaran, bener apa enggak, ya analisa Valey tadi? Untuk membuktikannya cuma ada satu cara, yaitu menggali kembali tanah yang tadi diubek – ubek ma Stan, kalo isinya tulang, berarti analisa Valey bener. Dan itu berarti Valey bisa jadi detektif hebat seperti yang dicita – citakannya.
Valey pun memulai aksinya, dia mulai menggali – gali tuh tanah. Sambil menggali, Valey membayangkan saat tulang yang dikubur Stan ditemukannya, Valey tertawa senang, ia membayangkan gimana tampang Stan waktu Valey membongkar kedoknya di depan semua orang, dia pasti nggak punya muka lagi buat pegi sekolah, dengan begitu dia nggak bakal dateng – dateng lagi ke sekolah, seperti yang diharapkan Valey. Eh, tapi .. dia kan emang udah mau pindah sekolah, ngapain juga Valey ngebuka kedoknya di depan semua orang? Lagian nanti waktu Valey mengeluarkan bukti yang ditemukannya, alias tulang, pasti Stan bakal bilang”Lu kan tau gua ikut ekskul biologi, dan sekarang gua lagi meneliti tulang, tulang itu kan sangat kuat, tapi kata orang kalau tulang dikubur, lama – lama bakal hancur, jadi gua mau meneliti berapa lama tulang itu hancur dalam tanah”.

Ngebayanginnya aja Valey udah kesel, soalnya tuh orang selalu aja bisa ngejawabin semua kata – kata Valey, Valey nggak pernah bisa menang berdebat sama Stan, dan itu yang bikin Valey tambah kesel. Ah, udah jangan dipikirin lagi ! Makin dipikir, malah makin kesel. Valey pun terus menggali, gali dan gali. Gali punya gali, akhirnya Valey menemukan sebuah kantong plastik berwarna hitam.

“Emang ada anjing yang masukin tulang ke kantong plastik? Mungkin supaya nggak kotor”pikir Valey.

Valey pun mengambil kantong itu, tapi raba punya raba, kok kantong itu rata – rata aja? Bentuknya nggak menunjukkan kalo isinya adalah tulang.

“Mungkin tulangnya udah diremukin jadi bubuk, biar lebih gampang dicerna”Valey membela analisanya.

Valey pun mengeluarkan isi kantong hitam itu, ternyata isinya sebuah amplop berwarna biru. Waw, bagus banget, warna biru kan warna kesukaan Valey. Ia pun mengeluarkan isi amplop itu, ternyata isinya sebuah kartu ucapan. Tepatnya kartu ucapan selamat ulang tahun. Valey segera membuka kartu itu.
Ternyata benar tebakan Valey, kartu itu adalah kartu ucapan untuknya. Di dalam kartu itu tertulis tanggal ultah Valey dan ucapan selamat ultah buat Valey yang ke – 16. Trus, di sudut kanan kartu tertulis sebuah kalimat yang ditulis dengan huruf besar,tapi dengan tulisan kecil. Mungkin maksudnya supaya orang tidak tahu itu tulisan, soalnya tulisan itu tertulis di bawah nama Stan, jadi tulisan itu lebih mirip garis, karena ditulis sangat kecil. Tapi berhubung Valey adalah calon detektif terkenal, maka Valey bisa menemukan tulisan itu.
Valey memicingkan matanya, ia berusaha membaca tulisan kecil itu, lalu mengeja hurufnya satu per satu.
“I”
“L”
“O”
“V”
“E”
“U”

“I Love U” kata Valey menyatukan huruf – huruf yang diejanya.

Apa nggak salah? Kalo dia emang mau ngungkapin perasaannya sama Valey, kenapa nggak jadi? Apa mungkin dia benci sama Valey karena gara – gara mau pergi ke pesta ultah Valey dia jadi kecelakaan? Apakah dia nyalahin Valey atas kecelakaan yang dialaminya? Pokoknya Valey harus menemukan jawabannya.
Valey pun segera berlari ke kantor kepala sekolah. Tapi, di sana Valey nggak menemukan Stan. Kata pak kepala sekolah, sih dia udah pulang. Valey pun mengurungkan niatnya untuk sementara waktu. Tapi waktu sampe di rumah, Valey segera mengirim sms ke Stan, tapi hp Stan nggak aktif, jadi Valey meninggalkan pesan di mail box Stan dan bilang kalo Valey menunggunya di taman tempat mereka biasa ketemu dulu jam 7 malam. Tapi, Stan nggak dateng – dateng juga. Valey melirik jam tangannya, sudah pukul 11 malam, hujan mulai turun. Makin lama makin deras. Valey pun pulang.
Tapi, Valey masih belon nyerah, keesokan harinya, pagi – pagi sekali sebelum pergi ke sekolah, Valey ke rumah Stan. Waktu Valey sampe, dia terus manggil – manggil nama Stan, tapi nggak ada seorang pun yang keluar dari rumahnya. Mungkin masih tidur, pikir Valey, maka ia berteriak makin keras. Tapi tetap tak ada seorang pun yang keluar.

“Neng, percuma panggil – panggil terus !”ucap seorang bapak yang ada di belakang Valey, mungkin tetangga Stan.

“Memangnya pada kemana, pak?”tanya Valey setelah berbalik.

“Semua orang rumah pergi melayat, kan semalam anak laki – laki bungsunya yang namanya Stanley itu meninggal”jelas tuh bapak.

“Apa? Meninggal? Kenapa?”
“katanya sih gara – gara sakit kanker, padahal dulu nggak kenapa – napa tuh, tapi menurut gosip warga sini, sekitar dua bulan yang lalu, si Stanley kecelakaan, walaupun lukanya nggak parah, tapi waktu itu dokter bilang ternyata Stanley mengidap kanker. Mungkin kalo dia nggak kecelakaan, nggak ada yang tau kalo dia sakit, orang anak itu sangat lincah”

Valey tak bisa lagi berkata apa – apa. Dia hanya berdiri terpaku sambil menatap rumah Stan yang kosong.

“Udah, ya, Neng, saya mau pergi melayat dulu”

Pantas, pantas Stan jadi berubah sejak kecelakaan itu, pantas dia jadi sering menjahili Valey, pantas dia mau pindah dari sekolah, pantas dia mengubur kartu ucapan selamat ulang tahun buat Valey, pantas…


Oleh : Unknown

1 komentar:

Kamu bisa memberikan masukan, kritik dan saran untuk entry cerpen ini. Kata-kata kalian sangat membantu. Terima Kasih...